Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah
: SMP Negeri X
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Bahan Kimia dalam Kehidupan
Sub Materi : Bahan Kimia Alami dan
Buatan
Alokasi Waktu : 1 JP (40 menit/JP)
Pertemuan
: ke-3
I. Standar Kompetensi
I. Standar Kompetensi
5. Memahami kegunaan bahan kimia dalam
kehidupan
II. Kompetensi Dasar
II. Kompetensi Dasar
5.3. Mendeskripsikan bahan kimia alami
dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan.
III. Indikator
A. Kognitif
1. Produk
- Menuliskan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami
- Menuliskan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna buatan
2. Proses
- Mengamati bahan makanan yang menggunakan pewarna makanan alami dan pewarna buatan.
- Menuliskan hasil pengamatan pada kolom hasil pengamatan.
B. Afektif
1. Perilaku berkarakter :
Berani mengemukakan pendapat, aktif dalam proses pembelajaran.
2. Keterampilan sosial :
III. Indikator
A. Kognitif
1. Produk
- Menuliskan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami
- Menuliskan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna buatan
2. Proses
- Mengamati bahan makanan yang menggunakan pewarna makanan alami dan pewarna buatan.
- Menuliskan hasil pengamatan pada kolom hasil pengamatan.
B. Afektif
1. Perilaku berkarakter :
Berani mengemukakan pendapat, aktif dalam proses pembelajaran.
2. Keterampilan sosial :
Bertanya, menghargai pendapat lain.
IV. Tujuan Pembelajaran
A. Produk
- Dengan mengamati contoh-contoh yang diberikan, siswa dapat menuliskan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami dengan benar.
- Dengan mengawati contoh-contoh yang diberikan, siswa dapat menuliskan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna buatan dengan benar.
B. Proses
- Diberikan beberapa contoh makanan, siswa mengamati contoh-contoh makanan yang menggunakan pewarna alami dan pewarna buatan.
- Dari hasil pengamatan tersebut, siswa menuliskan hasilnya pada kolom hasil pengamatan.
C. Afektif
1. Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang menerapkan Metode Pembelajaran Induktif, diamati dengan LP 1. Paling tidak siswa dinilai memuat kemajuan dalam sikap berani mengemukakan pendapat dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
2. Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang menerapkan Metode Pembelajaran Induktif, diamati dengan LP 2. Paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam bertanya dan menghargai pendapat orang lain.
V. Materi Pembelajaran
Bahan Kimia Alami dan Buatan.
VI. Model dan Metode Pembelajaran
- Model pembelajaran : Model Pembelajaran Induktif
- Metode Pembelajaran : Diskusi dan tanya jawab.
VII.Kegiatan Pembelajaran
A. Apersepsi (5 menit)
- Guru mengucapkan salam pembuka
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru menanyakan kembali kepada siswa, materi sebelumnya mengenai bahan-bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menginformasikan pada siswa bahwa pada hari ini, akan dipelajari bersama mengenai bahan kimia pada makanan, khususnya pewarna makanan.
B. Kegiatan inti (25 menit)
1. Open Ended
- Guru menunjukkan contoh makanan “cha-cha” kepada siswa. Kemudian menanyakan perbedaan cha-cha yang satu dengan yang lainnya. (menggiring siswa untuk mengetahui adanya bahan pewarna makanan pada contoh tersebut).
- Guru meminta siswa untuk berkelompok.
- Guru kemudian membagikan LKS kepada masing-masing kelompok.
- Siswa mendiskusikan LKS 1 bersama kelompoknya, jenis bahan pewarna yang digunakan dari contoh makanan yang diberikan.
- Guru bersama siswa mendiskusikan jawaban yang benar dari LKS 1.
2. Konvergen
- Setelah mengetahui jenis bahan pewarna yang digunakan, siswa bersama kelompoknya mengidentifikasi makanan yang disediakan sebagai contoh.
- Guru membimbing siswa untuk menuliskan karakteristik/ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami dan buatan.
- Perwakilan siswa diminta untuk menuliskan karakteristik makanan yang mengandung bahan pewarna alami, siswa yang lain menuliskan karakteristik makanan dengan pewarna buatan.
3. Closure
- Guru mendiskusikan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami dan pewarna buatan yang telah dituliskan siswa didepan.
- Guru bersama siswa, mengambil kesimpulan formal dari ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami dan pewarna buatan.
4. Aplikasi
- Guru menampilkan beberapa contoh makanan yang menggunakan pewarna makanan buatan dan pewarna makanan alami, siswa diminta untuk menyebutkan jenis pewarna makanan yang digunakan.
C. Penutup (10 menit)
- Guru kembali menyampaikan kesimpulan dari materi pembelajaran pada pertemuan ini, yaitu mengenai karateristik umum makanan yang menggunakan pewarna alami dan makanan yang menggunakan pewarna buatan.
- Guru menghimbau siswa agar selalu berhati-hati dalam memilih bahan makanan untuk dikonsumsi.
- Guru menugaskan siswa untuk mendaftar jenis bahan pewarna yang digunakan pada beberapa makanan kemasan.
- Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
VIII. Penilaian Hasil Belajar
1. Tabel spesifikasi lembar penilaian
2. Lembar Kerja Siswa 1
3. Lembar Kerja Siswa 2
4. Lembar Kerja Siswa 3
5. Lembar penilaian 1 (pengamatan perilaku berkarakter)
6. Lembar penilaian 2 (pengamatan keterampilan sosial)
7. Kunci LKS 1, LKS 2, dan LKS 3.
IX. Sumber Belajar
1. Buku ajar IPA SMP kelas VII semester 1
2. Tabel bahan pewarna makanan.
3. Informasi tambahan lain dari WEB, majalah, atau yang lainnya.
IV. Tujuan Pembelajaran
A. Produk
- Dengan mengamati contoh-contoh yang diberikan, siswa dapat menuliskan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami dengan benar.
- Dengan mengawati contoh-contoh yang diberikan, siswa dapat menuliskan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna buatan dengan benar.
B. Proses
- Diberikan beberapa contoh makanan, siswa mengamati contoh-contoh makanan yang menggunakan pewarna alami dan pewarna buatan.
- Dari hasil pengamatan tersebut, siswa menuliskan hasilnya pada kolom hasil pengamatan.
C. Afektif
1. Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang menerapkan Metode Pembelajaran Induktif, diamati dengan LP 1. Paling tidak siswa dinilai memuat kemajuan dalam sikap berani mengemukakan pendapat dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
2. Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang menerapkan Metode Pembelajaran Induktif, diamati dengan LP 2. Paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam bertanya dan menghargai pendapat orang lain.
V. Materi Pembelajaran
Bahan Kimia Alami dan Buatan.
VI. Model dan Metode Pembelajaran
- Model pembelajaran : Model Pembelajaran Induktif
- Metode Pembelajaran : Diskusi dan tanya jawab.
VII.Kegiatan Pembelajaran
A. Apersepsi (5 menit)
- Guru mengucapkan salam pembuka
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru menanyakan kembali kepada siswa, materi sebelumnya mengenai bahan-bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menginformasikan pada siswa bahwa pada hari ini, akan dipelajari bersama mengenai bahan kimia pada makanan, khususnya pewarna makanan.
B. Kegiatan inti (25 menit)
1. Open Ended
- Guru menunjukkan contoh makanan “cha-cha” kepada siswa. Kemudian menanyakan perbedaan cha-cha yang satu dengan yang lainnya. (menggiring siswa untuk mengetahui adanya bahan pewarna makanan pada contoh tersebut).
- Guru meminta siswa untuk berkelompok.
- Guru kemudian membagikan LKS kepada masing-masing kelompok.
- Siswa mendiskusikan LKS 1 bersama kelompoknya, jenis bahan pewarna yang digunakan dari contoh makanan yang diberikan.
- Guru bersama siswa mendiskusikan jawaban yang benar dari LKS 1.
2. Konvergen
- Setelah mengetahui jenis bahan pewarna yang digunakan, siswa bersama kelompoknya mengidentifikasi makanan yang disediakan sebagai contoh.
- Guru membimbing siswa untuk menuliskan karakteristik/ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami dan buatan.
- Perwakilan siswa diminta untuk menuliskan karakteristik makanan yang mengandung bahan pewarna alami, siswa yang lain menuliskan karakteristik makanan dengan pewarna buatan.
3. Closure
- Guru mendiskusikan ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami dan pewarna buatan yang telah dituliskan siswa didepan.
- Guru bersama siswa, mengambil kesimpulan formal dari ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna alami dan pewarna buatan.
4. Aplikasi
- Guru menampilkan beberapa contoh makanan yang menggunakan pewarna makanan buatan dan pewarna makanan alami, siswa diminta untuk menyebutkan jenis pewarna makanan yang digunakan.
C. Penutup (10 menit)
- Guru kembali menyampaikan kesimpulan dari materi pembelajaran pada pertemuan ini, yaitu mengenai karateristik umum makanan yang menggunakan pewarna alami dan makanan yang menggunakan pewarna buatan.
- Guru menghimbau siswa agar selalu berhati-hati dalam memilih bahan makanan untuk dikonsumsi.
- Guru menugaskan siswa untuk mendaftar jenis bahan pewarna yang digunakan pada beberapa makanan kemasan.
- Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
VIII. Penilaian Hasil Belajar
1. Tabel spesifikasi lembar penilaian
2. Lembar Kerja Siswa 1
3. Lembar Kerja Siswa 2
4. Lembar Kerja Siswa 3
5. Lembar penilaian 1 (pengamatan perilaku berkarakter)
6. Lembar penilaian 2 (pengamatan keterampilan sosial)
7. Kunci LKS 1, LKS 2, dan LKS 3.
IX. Sumber Belajar
1. Buku ajar IPA SMP kelas VII semester 1
2. Tabel bahan pewarna makanan.
3. Informasi tambahan lain dari WEB, majalah, atau yang lainnya.
No comments:
Post a Comment